Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word

Cara Membuat Daftar Pustaka di Ms Word


Assalamu'alaikum wr wb, pada pembahasan sebelumnya kita telah mempelajari tentang cara membuat halaman daftar isi otomatis, dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat referensi di halaman daftar pustaka dengan menggunakan Ms Word.
Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word

Bagi teman-teman yang sudah mengerti bagaimana tata cara penulisan referensi atau daftar pustaka mungkin bisa membuatnya dengan cara manual, akan tetapi jika teman-teman belum mengerti dan tidak ada waktu untuk mempelajarinya, tenang, masih ada cara otomatis untuk membuat daftar pustaka ini.

Di sini kita bisa menambahkan sumber dari mana saja, seperti dari web site, artikel, buku, dan lain-lain. Untuk cara-caranya, berikut kita bahas:

  1. Buka halaman yang ada konten dari sumber lain, klik kursor pada baris terakhirnya.
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word
  2. Pilih Tab References, pilih Style: IEEE. Pilih Insert Citation, Add New Source. 
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word
  3. Pilih Type of Source dengan jenis sumber yang akan kita masukkan, misalnya di sini saya memilih dari web site. Masukkan nama penulis di bagian Author, masukkan judul artikelnya pada Name of Web Page, masukkan nama website nya di Name of Web Site, masukkan tahun terbit di Year, bulan terbit di Month, hari terbit di Day, masukkan juga url artikelnya di bagian URL.
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word
  4. Lalu pilih Ok. Sehingga ada nomor yang muncul.
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word
  5. Sekarang buka halaman daftar pustakanya lalu buat garis baru. Pilih Tab References, pada Bibliography pilih References.
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word
  6. Sehingga menjadi seperti ini.
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word
  7. Rapikan sedikit.
  8. Jika akan memasukkan sumber lainnya, lakukan hal yang sama pada langkah nomor 1 dan 2 saja, lalu klik pada bagian references pada halaman daftar pustaka, lalu pilih Update Citation and Bibliography, dan sumberpun bertambah dengan otomatis.
    Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word

Penutup


Tutorial ini salah satu dari Panduan Lengkap Belajar MS Word Bagi Pemula, silakan mengunjunginya untuk mendapatkan lebih banyak panduan / tutorial Microsoft Word.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat daftar pustaka otomatis di Ms Word, jika teman-teman ada pernanyaan silakan untuk mengisinya di kolom komentar.

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr wb.
Click here to Download